Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Trauma Kepala Bayi Baru Lahir

Bayi pertama saya lahir dengan berat badan 2,8 kg dan panjang 48 cm. Ia lahir tanpa operasi, tetapi proses persalinannya panjang. Menurut dokter, keadaan kesehatannya cukup baik, tetapi bentuk kepala bayi saya tampak mengkhawatirkan. Kepalanya tampak benjol sebelah seperti bengkak, yang kata suster akibat proses persalinan.

Kemungkinan apa yang bisa terjadi pada anak saya? Berbahayakah keadaannya tersebut? Bisakah kepala anak saya bisa normal kembali? Jika memang bisa sembuh, berapa lama proses kesembuhannya? Apa yang harus saya lakukan untuk membantu kesembuhannya?

Ny. Mathilda, Surabaya

Proses persalinan yang panjang dan sulit, sering menyebabkan pengumpulan cairan di bawah kulit kepala bayi, sehingga kepala bayi terlihat bengkak/edema. Dalam istilah kedokteran dinamakan Caput Succedaneum . Pada umumnya, caput ini menghilang dalam kurun waktu 1 hari.

Benjolan lain yang sering terlihat di kepala bayi dan tidak menghilang dalam waktu 2-3 hari, dinamakan cefal hematom . Benjolan ini diakibatkan oleh adanya pengumpulan darah di bawah tulang kepala ( tulang parietal). Benjolan ini terlokalisir, dapat tunggal atau lebih dari satu (multiple ). Tergantung luasnya benjolan. Benjolan ini kadang-kadang baru menghilang sampai berbulan-bulan.

Untuk benjolan semacam ini, tidak ada terapi khusus, biarkan saja menghilang secara alamiah. Pada umumnya, benjolan ini tidak menimbulkan gejala sisa pada otak dan dampak pada perkembangan anak.

dr. Rinawati Rohsiswatmo. Sp.A
IDAI Jaya
Staf Divisi Neonatologi IKA, RSCM-FKUI

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home