Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Hidrokel atau Hernia?

Pertumbuhan dan perkembangan anak saya, laki-laki usia 5 bulan,. selama ini cukup baik. Namun, ada hal yang saya khawatirkan, karena adanya benjolan di buah zakar kiri atas. Benjolan kecil itu kadang timbul kadang hilang. Ketika kami konsultasikan ke dokter anak dan dokter bedah, diagnosa sementara adalah hidrokel. Tetapi, karena benjolan tersebut kadang-kadang tidak timbul, dikhawatirkan benjolan tersebut adalah hernia. Langkah sementara adalah mencegah agar bayi saya jangan sampai mengejan. Kata dokter, bila benar ada hernia, maka ia harus segera dioperasi.

Apa beda hernia dengan hidrokel? Mengapa hal itu bisa terjadi? Jika memang hidrokel, bagaimana cara penyembuhannya? Apakah dengan melakukan pemijatan ke arah atas maka penutupan saluran bisa sempurna dan benjolan hilang?

Kalau hernia, apakah benar harus segera dioperasi? Berapa lama operasinya dan berapa lama proses penyembuhannya?

Ny. Yasin, Surabaya

Hidrokel adalah pengumpulan cairan di dalam kantung yang terletak di sekitar kantong kemaluan atau lipat paha, sedang hernia adalah masuknya lapisan perut (kadang-kadang disertai dengan isi perut, seperti usus) ke dalam kantong kemaluan atau lipat paha.

Hal tersebut dapat terjadi oleh karena ada gangguan dalam pembentukan alat genetalia eksterna. Menilik cara pembentukan dan isi yang berbeda, maka pada umumnya hidrokel berbentuk bulat, berbatas tegas, kenyal dan karena isinya cairan bening maka bila ada sinar melalui benjolan, sinar itu dapat menembus benjoloan tersebut.

Sedangkan hernia, pada umumnya berbentuk lonjong, tidak berbatas tegas, kenyal keras dan karena isinya lebih padat, maka tidak tembus bila disorot sinar. Pada umumnya, hernia merupakan benjolan yang hilang timbul.

Pemijatan ke arah atas dapat menyebabkan isi benjolan tersebut pecah atau membengkak, sehingga menyebabkan keadaan berbahaya. Hernia di lipat paha pada umumnya memerlukan tindakan operasi. Biasanya, luka operasi itu akan sembuh dalam waktu beberapa hari saja.

dr. Partini P. Trihono, Sp A (K)
IDAI Jaya

2 Comments:

  • Ibu Yasin apakah buah pelir sebelah kirnya teraba pada kantongnya ? Bila memang buah zakarnya teraba keduanya, maka coba buah pelir kirinya di tarik-tarik, bila ikut bergerak maka kemungkinan itu suatu hidrokel funikuli. (Tetapi perlu diingat pula, benjolan yg bisa hilang timbul hanya hernia). Bila buah pelir kirinya tidak teraba, maka kemungkinan itu merupakan buah pelir kiri yg tidak turun ke kantongnya atau buah pelir yg tidak turun disertai dengan hernia bersamaan.
    Anjuran saya; konsultasi langsung kepada Dokter Spesialis Bedah Anak di Surabaya, antara lain: Dr. Purwadi SpB, SpBA; praktek di RS DARMO, Dr Kustiyo SpB, SpBA; praktek di RS ADIHUSADA-UNDAAN, atau Dr. Adria SpB, SpBA, RS-PHC Perak. Beliau bertiga juga praktek di RSU-DR SOETOMO.
    Semoga masalah anak ibu bisa segera mendapat solusi.
    Dadik Agus Soenjoto, dr, SpB, SpBA, FInaCS.
    PERBANI-KALTIM

    By Blogger Bedah Anak-RSUD AWS, At May 24, 2008 at 12:01 PM  

  • apakah ada risiko jika hidrokel dioperasi menunggu usia 6-7thn??
    adik sya bru dideteksi sminggu yang lalu.dia umurnya bru 3 thn.
    mohon bantuannya....

    By Anonymous Anonymous, At December 31, 2010 at 2:03 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home