Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Sulit Makan Sayur

Anak saya sudah berumur 2 tahun, tapi berat badannya hanya 14 kg. Saya khawatir jangan-jangan status gizinya kurang baik, apalagi selama ini ia sulit sekali makan sayur. Jika saya beri makanan sup dan semacamnya, ia pasti akan menolak makan makanan tersebut.

Bagaimana dengan berat badan anak saya ? Apakah berat badan tersebut kurang dari normal? Tidakkah ia akan kekurangan gizi karena tidak mau makan sayur? Bagaimana cara memberi sayur pada anak saya?

Ny. Bintoro, Jakarta

Walaupun belum ada penelitiannya, tetapi ada kecenderungan bahwa anak-anak di perkotaan kurang menyenangi sayuran. Bila melihat berat badan anak Anda yang kata Anda “hanya” 14 kg, maka status gizinya masih tergolong baik. Bahkan, berada di atas rata-rata berat badan ideal untuk anak perempuan usia 2 tahun. Artinya, walaupun anak Anda kurang suka mengkonsumsi sayur, tetapi asupan kalorinya cukup.

Anak yang tidak suka makan sayur risikonya adalah kekurangan vitamin dan mineral serta kurang serat yang berguna bagi proses pencernaan. Tetapi, sumber vitamin dan mineral bukan hanya dari sayuran, tetapi dalam juga berasal dari buah-buahan, susu formula dan makanan lain. Demikian pula untuk serat, dapat dicari alternatif dari sumber lain seperti buah-buahan, biskuit, sereal, agar-agar, atau jelly.

Anda dapat mencoba meneruskan memberikan sayuran pada anak Anda, tetapi sebaiknya tidak dengan paksaan. Bila dipaksa, anak akan merasa suasana makan menjadi tidak nyaman, bahkan menegangkan, sehingga pada akhirnya anak jadi mogok makan sama sekali.

Berikan sayuran dengan cara “disembunyikan” dalam makanan lain terutama makanan yang disukai oleh anak Anda. Bila nanti anak Anda sudah agak besar ( 5 –6 tahun), Anda dapat mengajak anak Anda untuk ikut mengolah atau memasak sayuran tersebut di dapur. Diharapkan, dengan mengenal bahan makanan tersebut dia akan juga senang menyantapnya.

dr. Aryono Hendarto, Sp. A(K)
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home