Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Kepala Miring ke Satu Sisi

Anak saya, usia satu setengah bulan, selama ini selalu tidur dengan kepala seolah-olah miring ke kiri terus menerus. Sudah saya luruskan ke tengah (terlentang dengan kepala menghadap ke depan/ ke atas), tetapi kembali kepalanya miring lagi. Tampaknya kepalanya tertekan sebelah dan menjadi peang.

Perlu diketahui, ketika lahir ia memang divakum dan kata suster kepalanya tidak boleh sering diangkat. Itu sebabnya, kami takut memperbaiki posisi kepalanya ketika itu. Sekarang, setelah hampir enam minggu usianya, ia tampaknya memang tidak bisa lagi tidur terlentang dengan kepala lurus ke depan. Saya khawatir ada bagian otaknya yang tertekan sehingga mengganggu perkembangannya. Atau, saya juga khawatir otot leher kirinya yang tertarik, sehingga kepalanya menjadi miring seperti itu.

Kemungkinan seperti apa yang dapat terjadi dalam kondisi seperti itu? Bagaimana mengantisipasinya? Perlukah kelak ia menjalani fisioterapi atau terapi lainnya?

Puspita, Jakarta

Saat tidur kepala bayi, memang mungkin saja cenderung menoleh ke satu sisi. Namun, kepala bayi tetap dapat menoleh ke sisi lain. Hal seperti ini biasa ditemukan pada bayi normal. Tetapi, bila kepala bayi terus menerus menoleh dan miring ke satu sisi serta tidak dapat menoleh ke sisi lain, maka keadaan ini merupakan hal yang tidak wajar. Keadaan seperti itu biasa disebut sebagai tortikolis

Tortikolis dapat disebabkan oleh berbagai sebab, antara lain: trauma saat lahir, atau mal posisi ketika janin dalam rahim. Selain itu, tortikolis dapat disebabkan oleh spasme otot leher ( kejang otot leher). Spasme ini dapat dipicu oleh infeksi virus atau regangan otot leher karena posisi tidur yang salah.

Untuk lebih memastikan keadaan leher anak Anda, alangkah baiknya bila anak Anda diperiksakan ke dokter. Biasanya fisioterapi akan dapat membantu mempercepat sembuhnya tortikolis ini.

dr. Hartono Gunardi Sp. A
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home