Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Menu Ibu Hamil Gemuk

Saat hamil, seorang ibu perlu memperhatikan susunan menu agar janin tumbuh sehat dan kondisi tubuh ibu selalu prima.

Bingung Menu Makanan

Saya bekerja, sedang hamil 6,5 bulan. Berat badan sekarang 73 kg, bertambah 18 kg dibanding sebelum hamil. Setiap bulan saya periksa ke dokter kandungan dan diperkirakan si kecil akan lahir akhir Juli atau awal Agustus. Sebetulnya secara keseluruhan saya merasa sehat, tetapi akhir-akhir ini pinggang saya terasa sakit dan kaki tampak membengkak.

Minggu lalu saya menjalani USG oleh dokter lain, dan katanya bayi saya perempuan dengan berat 1800 gram. Kata dokter, jika saya tidak mengurangi makan, bayi akan lahir di atas 3500 gram.

Saya jadi bingung dan takut, makanan apa yang sebaiknya saya konsumsi dan bagaimana mengatur jadwalnya. Untuk sarapan kadang-kadang saya bawa bekal dari rumah dan makan siang jajan di sekitar kantor. Malam hari saya sering terbangun karena lapar dan saya makan lagi.

Ny. Kuncoro, Jakarta

Sebaiknya Anda mewaspadai adanya Gestational Diabetes , yang biasa dialami selama kehamilan. Perubahan hormonal selama kehamilan dapat berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin, tetapi umumnya hal ini akan hilang setelah melahirkan.

Tanda ini sebaiknya dianggap sebagai sinyal yang patut diperhatikan karena pada masa yang akan datang dapat berkembang menjadi Diabetes tipe 2 (yaitu diabetes yang disebabkan tubuh tidak cukup menghasilkan atau menggunakan insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah). Untuk lebih jelasnya berkonsultasilah dengan dokter dan lakukan pemeriksaan gula darah selama kehamilan.

Bengkak pada kaki biasanya terjadi karena tubuh tidak cukup mengeluarkan cairan. Dalam keadaan seperti ini makanan sebaiknya rendah garam, karena garam dapat mengurangi retensi cairan tubuh.

Ibu hamil perlu mengatur makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karena kenaikan berat badan Anda sudah terlalu banyak, maka jumlah makanan sebaiknya dikurangi. Yang bisa Anda lakukan, adalah:

* Mengurangi porsi sumber kalori seperti nasi, roti, mi, tepung-tepungan, gula serta lemak yaitu mengurangi santan kental, mentega dan lain-lain.
* Banyak makan sayuran dan buah, terutama yang segar dan mengandung serat tinggi.
* Bengkak di kaki bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi garam.dalam pengolahan masakan. Juga hindari makanan yang diproses dengan garam, seperti ikan asin, telur asin, dendeng, kornet, camilan yang diproses dengan garam dan lain-lain.

Selain itu Anda pun perlu melakukan olahraga sesuai dengan usia kehamilan. Juga kontrol ke dokter secara teratur untuk memantau perkembangan kesehatan bayi dan ibu.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home