Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Mungkinkah anak Saya Juga Asma?

Anak saya, usia 3,5 bulan selama ini tampak sehat-sehat saja. Tapi, saya sendiri adalah penderita asma alergi (debu, obat-obatan, makanan laut dan sebagainya). Jika saya sendiri terkena asma, apakah anak saya kelak juga akan tertulari penyakit seperti saya?

Agar anak saya tidak tekena asma, apa yang harus saya lakukan? Dalam kondisi sekarang ini bolehkah menyusui anak saya? Bukankah dengan minum ASI dia akan tertulari penyakit yang saya derita? Mungkinkah ia tidak akan terkena asma sekalipun tetap minum ASI langsung dari saya?

Ny. Tina, Ambarawa

Sebagian besar asma memang didasari faktor alergi. Bakat alergi ini dapat diturunkan, tetapi tidak ditularkan. Yang ditularkan adalah penyakit infeksi, yaitu penyakit yang disebabkan oleh kuman/mikroba/mikro organisme, bisa berupa bakteri atau virus.

Anak Anda berpotensi mempunyai bakat alergi yang diturunkan dari Anda. Bakat alergi yang diturunkan ini dapat muncul sebagai penyakit kalau dipupuk. Seandainya muncul pun, bentuk penyakit alerginya belum tentu sama. Misalnya, jika Anda sendiri mengalami asma yang lokasinya dalam paru, maka pada anak Anda bisa saja muncul dalam bentuk alergi di hidung (rinitis alergika) atau alergi di kulit ( kaligata, eksim).

Pemberian ASI sendiri sangat baik untuk mencegah berkembangnya bakat alergi yang menjadi penyakit alergi. Namun, perlu diketahui bahwa selama menyusui Anda perlu menghindari makanan yang sifat alergeniknya kuat, seperti seafood dan telur (apa saja). Tidakan pencegahan ini bahkan sebaiknya dilakukan sejak Anda hamil, yaitu dengan menghindari makanan tersebut di atas sejak masa kehamilan.

dr. Darmawan Budi Setyanto, Sp. A
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home