Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Diare karena Jamur

Bayi saya, usia 9 bulan, beberapa waktu lalu mengalami diare dan muntah-muntah, sampai dehidrasi. Dia sempat dirawat di rumah sakit dan diinfus. Menurut dokter, anak saya mengalami infeksi jamur.

Bagaimana anak sekecil itu bisa terinfeksi jamur? Apakah infeksi itu didapat dari udara, makanan atau karena hal lain?

Kira-kira jamur semacam apa yang menulari anak saya? Mungkinkah jamur semacam itu juga menulari kami, orang tuanya? ( Sebab, beberapa hari setelah anak saya dirawat di rumah sakit, saya mengalami diare juga).

Bagaimana mencegah infeksi semacam itu di kemudian hari?

Ny. Yanti, Jakarta

Jamur merupakan salah satu mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran cerna. Candida Albican merupakan jenis jamur yang sering ditemukan pda tinja anak yang mengalami diare. Sebenarnya, jenis tersebut merupakan mikroorganisme dalam saluran cerna dengan tingkat virulensi yang rendah. Akan tetapi, bila jumlah jamur meningkat secara berlebihan, maka hal ini dapat mengganggu sistem pertahanan saluran cerna sehingga menimbulkan keluhan dan penyakit. Keadaan tersebut sering dijumpai pada: seorang anak yang sedang menderita penyakit berat, mendapat antibiotika dalam jangka lama, dan mendapatkan obat-obatan lain yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Keadaan geografis dan ekologi pada negara berkembang merupakan kondisi yang subur untuk infeksi jamur. Kebersihan lingkungan, perorangan, dan kebersihan dalam penyediaan makanan untuk si anak, juga sangat berperan dalam terjadinya infeksi jamur tersebut. Infeksi ini dapat menyerang semua orang, bila kondisi tubuhnya memungkinkan jamur tersebut tumbuh dan berkembang biak.

dr. Badriul Hegar, Sp. A (K)
Divisi Gastroenterologi Anak, FKUI- RSCM
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home