Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Khawatir Tertular Infeksi Telinga

Anak pertama saya, usia 1 tahun, beberapa waktu belakangan ini mengalami infeksi telinga. Akibatnya, telinganya sering mengeluarkan cairan. Oleh karena anak saya ada dua, yang satu berusia 3 tahun dan sering bermain dengan adiknya, saya khawatir jika infeksi tersebut menular ke kakaknya.

Bagaimana cara penularan infeksi telinga tersebut? Bagaimana menyembuhkannya? Jika memang menular, bagaimana cara mencegah penularan tersebut? Mungkinkan penyakit infeksi ini akan kambuh kembali jika ia besar nanti? Bagaimana cara mencegah kambuhnya penyakit tersebut?

Ny. Edi S, Jakarta

Infeksi telinga yang sering terjadi pada anak, adalah infeksi telinga tengah (otitis media). Rongga telinga tengah mempunyai hubungan dengan daerah tenggorokan (faring) melalui saluran yang bernama tuba eustachius. Pada bayi dan anak kecil, saluran ini pendek dan posisinya relatif lebih mendatar sehingga jika ada infeksi tenggorokan akan mudah menyebar ke dalam telinga. Jadi, infeksi telinga merupakan penyebaran dari infeksi tenggorokan dan penularan sama dengan penularan infeksi respiratorik (napas).

Jika ditangani dengan baik, penyakit ini tidak akan kambuh saat ia besar nanti.

dr. Darmawan Budi Setyanto Sp. A
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home