Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Ada Benjolan di Punggung

Anak saya, usia 11, 5 bulan, dengan berat badan 13 kg. Berat badannya ketika lahir 4,5 kg. Ia kelihatan lebih tinggi dan besar dibandingkan dengan teman-teman seusianya. Kerangka tubuhnya memang besar dan ia tidak kelihatan gemuk. Ia juga mendapatkan ASI eksklusif sampai 4 bulan dan masih mendapatkan ASI di samping makanan pendamping ASI sampai usia 9 bulan. Setelah itu, ia mendapat tambahan susu formula. Perkembangan dan pertumbuhannya cukup baik, ia juga sudah mulai belajar berjalan. Hanya saja belakangan ini saya menemukan adanya benjolan sekitar 3- 4 cm di punggung bagian tengah ( di atas tulang belakang). Warna benjolan itu lebih gelap dari kulitnya, tetapi tidak sampai memerah.

Pada mulanya, benjolan itu saya pikir hanya otot yang terkilir, karena sebelumnya ia selalu menangis setiap kali benjolan itu tersentuh, sehingga saya bawa ke dukun urut. Setelah ditangani dukun urut, dia memang agak tenang, tetapi benjolan ini tetap saja ada. Kalau saya sentuh bagian benjolan itu ia tidak lagi menangis, tetapi ia selalu menengok ke arah saya, seolah-olah hendak berbicara sesuatu. Perlu diketahui, sebelum diurut, suhu tubuhnya memang agak panas, tetapi setelah diurut suhu tubuhnya turun.

Apakah benjolan semacam itu biasa muncul pada anak yang baru belajar berjalan? Atau, mungkin saya perlu mencurigai adanya sesuatu yang lebih serius daripada itu?

Ny. Dian, Jakarta.

Secara umum, benjolan di tubuh dapat disebabkan oleh berbagai penyebab infeksi pada jaringan kulit perlu dipikirkan. Demikian pula kelainan pada jaringan lain, seperti lapisan lemak, kelenjar keringat, otot, maupun pembuluh darah dan saraf di bawahnya.

Saya anjurkan Anda membawa anak Anda ke dokter terdekat. Dokter akan mengumpulkan data mengenai berapa lama benjolan tersebut telah ada, berapa kecepatan tumbuhnya, ada atau tidak ada gejala lain dan kemudian penyebab benjolan tersebut dapat dibedakan dari penampakan dan perabaan benjolan. Selain itu, bila perlu akan ditunjang dengan pemeriksaan rontgen atau ultrasonografi (USG).

dr. Partini P. Trihono, Sp A(K)
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home