Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Perlukah Tambah Susu Formula?

Dibanding bayi seusianya, bayi saya (3 bulan) tampak lebih kecil. Beratnya hanya 5 kg. Sebelum saya kembali bekerja selalu saya beri ASI eksklusif. Namun, ketika saya sudah bekerja, ia terpaksa saya beri susu formula sebagai tambahan ketika saya di kantor. Dengan selingan tersebut, saya khawatir gizinya tidak optimal.

Bagaimana cara menaikkan berat badan bayi saya? Bagaimana seharusnya komposisi pemberian ASI dengan susu formula?

Ny. Sat, Bekasi

Penambahan berat badan bayi pada usia 3 bulan pertama, berkisar antara 50 – 100 gram per hari. Penambahan berat badan bayi yang mendapat ASI biasanya memang tak sebanyak bayi yang mendapat susu formula. Banyak orang menganggap bayi gemuk adalah bayi sehat. Padahal, belum tentu. Dalam praktek sehari-hari, bayi yang mendapat susu formula seringkali malah mengalami overweight (kelebihan berat badan).

Sebaiknya Anda menghubungi dokter anak terdekat, sehingga mendapat bimbingan pemberian ASI untuk ibu yang bekerja. Biasanya kekhawatiran seorang ibu yang sedang menyusui justru mempengaruhi produksi ASI itu sendiri. Sebaiknya Anda terus mengkonsumsi makanan bergizi kalau Anda ingin tetap menyusui. Banyak pengalaman ibu bekerja yang masih bisa menyusui eksklusif dengan menyimpan ASI-nya untuk ditinggalkan sementara bekerja. Selain itu Anda juga bisa memerah ASI di kantor untuk dibawa pulang ke rumah.

Yang jelas, pemantauan berat badan bayi setiap bulan harus tetap dilakukan. Bila penambahan berat badan memang tidak sesuai dengan yang seharusnya, barulah penambahan susu formula dipertimbangkan.

Komposisi susu formula yang tersedia saat ini sangat bermacam-macam. Pada bayi yang semula mendapat ASI, memang kadang-kadang sulit memilih susu formula, karena rasa yang berbeda. Jika memang benar-benar perlu, konsultasikan dulu kepada dokter Anda.

dr. IG Ayu Nyoman Partiwi, Sp. A. MARS

3 Comments:

  • Bagaimana kalau sudah berusia 9 bulan, apakah bayi saya harus diberi susu tambahan? Saya tidak bekerja dan dapat menyusui secara penuh. Masalahnya saya merasa prosduksi asi saya tidak seperti dulu lagi. Saya takut jika ternyata bayi saya kekurangan cairan atau gizi, meskipun pola makannya sudah bagus dan berat badannya cukup.Kadang2 kekhawatiran itu terjadi misalnya apabila saya sedang sakit atau kecapekan. Ada 2 pendapat dokter anak, dikasih susu tambahan dan tidak perlu. Mana yang harus saya ikuti?

    By Anonymous Anonymous, At July 31, 2008 at 8:10 PM  

  • Perlu Ibu, takutnya asi yang didapat kurang. Terima kasih

    By Blogger sexproblem, At August 1, 2008 at 2:11 AM  

  • Ibu kan tidak bekerja, sama dg saya.. Bayi saya 11 bulan, sangat sehat hanya dengan asi dan makan. Pengalaman saya, produksi asi berkurang diatasi dengan banyak makan sayur dan tetap optimis asi tidak akan kurang. Asal ibu makan 3x sehari dengan porsi cukup dan gizi penuh, insyaAllah tidak akan kurang. (Meski penampakannya susut, sama kok)

    By Anonymous yuyun depe, At April 19, 2010 at 9:14 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home