Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Empat Bulan Belum Tengkurap

Anak pertama saya, lahir normal dengan berat badan 3,3 kg dan panjang 50 cm. Saat ini ia sudah berumur 4 bulan dengan berat terakhir 7 kg dan panjang 64,6 cm. Karena saya bekerja, maka saya memberinya susu formula. Adapun susu formula yang dikonsumsi setiap hari adalah satu kotak seberat 200 gram.

Masalahnya, mengapa sampai sekarang ia belum mampu miring sendiri, apalagi tengkurap ( sementara bayi lain sudah bisa)? Apakah berat badannya menjadi penyebab ia sulit tengkurap?

Anehnya, pada waktu usia 3 hari ia pernah miring (apakah mungkin ia hanya refleks bayi?) Walaupun belum bisa miring, sekarang ia sudah dapat mengangkat kepalanya dari bantal dengan disangga siku tangannya, seolah-olah akan bangun.

Selain itu, saya ingin bertanya, susu apakah yang paling bagus selain ASI?

Gina, Jakarta

Bayi-bayi yang mendapat susu formula seringkali kelebihan berat badan. Pada usia 3 bulan pertama, kenaikan berat badan maksimal adalah 1 kg/ bulan. Tetapi 3 bulan berikutnya ( 3- 6 ) bulan, penambahan berat badan harusnya maksimal 500 gram. Tampaknya berat badan bayi Anda saat ini, agak berlebih dan kemungkinan hal ini yang menyebabkannya sulit tengkurap. Sayangnya Anda tidak menyebutkan riwayat kehamilan, apakah Anda mengalami penyakit tertentu ( misalnya toksoplasma, CMV dll), cara lahir, riwayat perinatal (pernah kuning atau tidak dan sebagainya). Banyak hal yang perlu dilihat bila bayi belum bisa tengkurap.

Mengenai susu untuk bayi, dari banyak penelitian diketahui bahwa ASI-lah susu yang terbaik bagi bayi, karena sangat berpengaruh terhadap perkembangannya ( salah satunya adalah perkembangan motorik kasar, termasuk tengkurap). Namun, bila betul ASI tidak dapat diberikan lagi, maka pemilihan formula yang dianjurkan adalah formula yang komposisinya menyerupai ASI. Komponen dalam ASI yang diharapkan ada dalam susu formula adalah asam lemak (terkenal dengan istilah DHA/AA yang penting untuk proses pematangan/pembentukan otak dan penglihatan). Juga vitamin B kompleks (B1, B6, asam folat) diperlukan untuk perkembangan otak, dan komponen lain yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi.

dr. IG Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A. MARS

1 Comments:

  • Halo mau ikut nanya. Bayi saya umur 3 bulan setengah berat 5,2kg juga masih belum bisa miring atau tengkurap padahal dulu waktu masih kecil pernah beberapa kali dia miring2 sendiri. Bayiku minum asi saja tapi dulu memang pernah sakit kuning waktu baru lahir sampai beberapa minggu baru sembuh. Kira kira apa ya yang membuatnya malas tengkurap?

    By Anonymous Sita, At July 15, 2010 at 2:30 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home