Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Tak Cocok Bubur Instan?

Tanpa konsultasi dokter saya telah memberikan biskuit pada anak saya ketika usianya 4 bulan. Namun, ia tidak menyukainya, sehingga saya ganti dengan bubur bayi instan dengan berbagai rasa (pisang dan beras merah). Ternyata, bayi saya menjadi jarang buang air besar (BAB). Kadang-kadang sampai 3 –4 hari baru buang air besar, itu pun keras. Saya kasihan melihatnya mengejan seperti itu.

Perlu diketahui, karena saya ibu bekerja, saya hanya memberinya ASI jika sedang ada di rumah, sementara jika saya bekerja, ia minum ASI perah dicampur dengan susu formula.

Saat ini usianya 5 bulan, dengan berat 8,3 kg ( BB lahir : 3,5 kg), pola makannya: ASI + susu formula (secukupnya), bubur susu ( 2 X), serta buah-buahan- jeruk dan pepaya ( 2 X).

Benarnya sulitnya BAB karena ia tak cocok dengan bubur instan? Selain bubur instan, bolehkah saya menggantinya dengan makanan instan untuk bayi yang lain? Setelah diberi pepaya, BAB-nya tampak agak lancar, sekalipun masih jarang ( 2 – 3 hari sekali). Bagaimana agar BAB-nya teratur?

Sudah betulkah pola makannya saat ini?

Ny. Dino, Jakarta Selatan

Pada prinsipnya, setelah berusia 4 bulan, bayi sudah dapat diberi makanan tambahan berupa biskuit, bubur susu dan buah-buahan. Walaupun, saat ini ada anjuran agar bayi diberi ASI saja sampai usia 6 bulan sepanjang tumbuh kembangnya optimal.

Bayi usia 3-6 bulan yang buang air besar 3-4 kali sehari sebenarnya tergolong normal, asalkan tinjanya berbentuk normal (tidak keras). Bila tinjanya keras, seperti yang dialami bayi Anda, mungkin ia kekurangan serat dalam dietnya. Terbukti bila diberi pepaya maka buang air besarnya lancar. Jadi, masalah anak Anda tidak ada kaitannya dengan bubur instan. Oleh karena itu, diet yang mengandung serat untuknya bisa ditingkatkan. Bial masih ada keluhan, konsultasikan kepada dokternya, karena ada susu formula yang ditambahkan serat, atau sirup serat yang aman diberikan pada bayi normal.

Mengenai pola makan anak Anda tampaknya sudah baik, terbukti dari pertumbuhannya yang baik.

Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, Sp. A (K)
IDAI Jaya.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home