Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Anak Saya Tak Suka Minum

Anak saya, sekarang usianya menjelang sembilan bulan. Sejak usia 7 bulan dia tidak mau lagi makan bubur bayi instan yang halus. Makanan yang dipilihnya adalah nasi tim kasar yang dicampur sayuran dan lauk (tidak mau banyak kuah). Sejak usia 4 bulan, dia saya beri makan bubur bayi dua kali sehari dan buah 1 kali sehari. Akibatnya, ia jadi kurang mau minum cairan. Sehari, dia hanya minum 1 X 120 ml. Pada waktu siang hari, saya tinggal bekerja dan jika malam hari dia saya tambah ASI.

Mengingat keinginannya untuk makan nasi tim kasar, saya khawatir apakah ususnya sudah cukup kuat makan makanan tersebut?

Bagaimana agar nafsu minumnya bertambah? Saya takut kalau kekurangan cairan, mengingat banyak keringat yang keluar karena aktivitas tubuhnya. Selain itu, jika ia buang air besar, kotorannya juga keras.

Ny. Gayatri, Semarang

Jika pada usia 7 bulan anak Anda hanya mau makan nasi tim kasar, sebetulnya tidak terlalu menjadi masalah, karena tampaknya tidak ada keluhan atau akibat yang terjadi pada bayi Anda ( kecuali hanya minumnya sedikit).

Hal yang perlu diperhatikan adalah, karena relatif nasi tim lebih kasar maka bayi menjadi lebih mudah tersedak (keselak). Oleh karena itu, ketika makan anak harus didudukkan. Pemberiannya pun perlu hati-hati.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, pertumbuhan tubuhnya. Pada usia 7 bulan, berat dan panjang badan yang ideal untuk anak laki-laki adalah 8.400 gram dan tinggi 69 cm. Sementara untuk bayi perempuan, berat idealnya adalah 7.600 gram dengan panjang badan 67 cm.

Mengenai kebiasaan minumnya yang hanya sedikit, maka Anda harus mengusahakan dengan memberikan minum sedikit demi sedikit ( tidak perlu terlalu banyak, tapi sering).

Buang air besarnya yang keras, merupakan gambaran asupan cairan yang kurang memadai, tetapi juga dapat disebabkan serat yang kurang dalam makanannnya.

dr. Soepardi Soedibyo, Sp. A (K)
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home