Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Gigi Susu Miring

Baru-baru ini bayi saya (9,5 bulan) tumbuh gigi susunya sebanyak dua buah. Saya senang tetapi juga khawatir karena tumbuhnya tampak miring (tidak lurus). Apakah kelak gigi tersebut bisa tumbuh lurus sendiri?

Jika tidak bisa tumbuh lurus sendiri, bagaimana meluruskannya, mengingat gigi tersebut adalah gigi susu?

Ny. Mona, Jakarta

Pertumbuhan gigi pada bayi amat bervariasi. Umumnya gigi susu mulai tumbuh sekitar usia 5 - 7 bulan. Namun, umur saat tumbuh gigi pertama ini tidak pasti, karena rentang usia yang lebar. Gigi susu pertama dapat tumbuh mulai usia 1 bulan, dan sebaliknya gigi susu pertama juga dapat tumbuh pada usia 1,5 tahun.

Biasanya, gigi susu rahang bawah lebih dulu timbul daripada gigi susu rahang atas. Gigi susu bayi perempuan pada umumnya timbul lebih awal daripada gigi susu bayi laki-laki.

Pertumbuhan gigi susu yang terlambat dapat berhubungan dengan masalah nutrisi, misalnya penyakit kekurangan vitamin D (hal ini jarang sekali terjadi di negara tropis), ataupun penyakit kekurangan hormon kelenjar gondok (penyakit ini pun juga jarang sekali terjadi).

Anda tak perlu khawatir soal pertumbuhan gigi susu pertama yang tidak lurus. Kadang-kadang gigi susu memang tumbuh tidak lurus, atau agak miring. Hal ini berhubungan dengan letak gigi yang bersebelahan dengan gigi yang bersangkutan (terhambat/ tertekan oleh pertumbuhan gigi sebelahnya) atau mungkin karena kebiasaan anak mengisap ibu jari (jempol).

Bila gigi susu tumbuh tidak lurus, atau tidak rapat, Anda tidak perlu khawatir. Gigi susu akan tanggal pada waktunya dan akan digantikan oleh gigi permanen.

dr. Hartono Gunardi, Sp. A
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home