Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Mendeteksi Asma pada Bayi

Bayi saya lahir normal dan dalam perkembangannya sekarang pun ia tidak menunjukkan adanya kelainan (sesuai petunjuk panduan tumbuh kembang anak). Namun, ketika usianya tujuh bulan, saya pernah terbangun mendengar napasnya agak berbunyi, seperti orang yang sulit bernapas. Saya khawatir ia menderita asma.

Setahu saya, penyakit ini diturunkan secara genetik dan kebetulan dari keluarga kami, ibu sayalah yang menderita asma. Bagaimana mendeteksi asma secara dini pada bayi?

Ny. Arsiani, Bandung

Asma merupakan salah satu bentuk penyakit alergi. Yang biasanya diturunkan adalah bakat alerginya, sedangkan bentuk penyakitnya bisa berbeda. Semakin banyak adanya riwayat penyakit alergi dalam keluarga, maka semakin besar kemungkinan diturunkan. Apalagi, bila ada riwayat alergi dari kedua jalur keluarga, baik ibu maupun ayah. Jika melihat penjelasan Anda, maka bayi Anda memang berpotensi mengalami asma.

Bakat alergi atau asma tidak akan berkembang jika tidak terkena faktor pencetus. Untuk mencegah asma berkembang, langkah paling penting adalah menghindari pencetusnya. Pencetus paling potensial justru terdapat dalam lingkungan rumah, di antaranya debu rumah dan asap rokok, termasuk jika ada yang merokok di teras, garasi, ataupun kamar mandi/WC. Oleh karena itu, untuk menghindari asma, sebaiknya Anda menghindarkan bayi dari pencetus asma itu sendiri.

dr. Darmawan B. Setyanto, Sp. A
IDAI Jaya

1 Comments:

  • Bayi saya lahir normal namun ketika usianya menginjak umur 6 bulan sering terkena ispa, ispa paling parah terjadi ketika usia bayi saya berumur 12 bulan lalu sya memutuskan untuk nebulizer.
    yang ingin saya tanyakan apakah dengan nebu tersebut memancing untuk terjadinya asma, antisipasi apa yang harus saya lakukan untuk mencegah bayi kami batuk berdahak sehingga menyebabkan asthma?

    Ny. Novi, Bandung

    By Blogger Unknown, At June 6, 2010 at 4:24 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home