Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Benjolan di Leher Pasca Campak

Anak perempuan saya, 16 bulan, pernah terkena campak ketika usianya 9 bulan. Ia dirawat di rumah sakit selama 5 hari karena mengalami kejang dan tidak sadarkan diri selama sekitar 7 jam. Pada waktu dirawat itu dia diinfus, dironsen dan diambil virus dari belakang.

Sepulang dari rumah sakit, ia memang tampak sehat. Tapi saya khawatir karena di leher sebelah kanan dan kiri timbul benjolan? Benjolan di leher sebelah kiri kecil, sementara benjolan di sebelah kanan besar. Padahal, sejak lahir tak pernah tampak tanda-tanda seperti itu. Berat badannya ketika lahir 3,6 kg dan saat ini 9 kg.

Penyakit apa sebenarya yang menimpa anak saya? Dia sendiri tampaknya tidak pernah merasa kesakitan dengan kondisinya tersebut. Saya ingin membawanya ke rumah sakit, tetapi khawatir jika harus dioperasi. Adakah kemungkinan tindakan lain selain operasi?

Ny. Sumiarsih, Jakarta.

Benjolan-benjolan tersebut kemungkinan kelenjar leher yang meradang. Hal itu bisa terjadi bila ada radang tenggorokan saat anak ibu terkena campak atau akibat infeksi ikutan.

Bila diberi obat radang tenggorokan yang baik, biasanya kelenjar itu akan mengecil atau hilang. Bila kelenjar-kelenjar itu makin banyak dan bergerombol, mungkin perlu pemeriksaan kembali dan bila perlu dilakukan pemeriksaan di laboratorium darah.

dr. Alan R. Tumbelaka, Sp. A (K)
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home