Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Plus Protein & Vit A, Bolehkah?

Atas saran seorang saudara, saya menambahkan bubuk protein dalam susu formula untuk anak saya, yang sekarang berumur 3 bulan dengan berat 4,9 kg. Apakah pertambahan bubuk protein tersebut dapat mengoptimalkan gizi yang dibutuhkan anak saya?

Selain tambahan bubuk protein, ia juga saya beri tambahan vitamin A. Namun, setelah pemberian vitamin A ini tampak nafsu makannya justru berkurang. Jika biasanya sekali menyusu durasinya bisa mencapai 30 – 60 menit, maka sekarang hanya sekitar 10 menit saja.

Selain itu, buang air besar pun yang biasanya sampai dua kali sehari, sekarang malah kadang-kadang tidak sama sekali. Jika satu hari ia tidak BAB, maka keesokan harinya BAB-nya berwarna agak gelap (kuning kehijauan), tetapi tidak lebih encer dari BAB normalnya. Baunya juga sama saja. Apakah hal ini normal?

Ny. Asti, Jakarta Timur

Penambahan berat badan anak Anda yang berat lahirnya 3 kg menjadi 4,9 kg pada usia 3 bulan, sebenarnya cukup, sehingga tidak perlu penambahan protein/formula. Selain itu, penambahan vitamin pada bayi biasanya diperlukan pada bayi-bayi yang lahir kecil atau bayi prematur. Untuk bayi seusia bayi Anda, sebaiknya memang masih mendapatkan ASI penuh (ASI eksklusif) sampai bayi usia 4-6 bulan.

Pada bulan-bulan pertama usia bayi, buang air besarnya memang seringkali tidak teratur. Selain itu, penambahan protein seperti yang dianjurkan oleh saudara Anda sebaiknya dikonsultasikan dulu pada dokter anak terdekat. Sebab, penambahan protein bisa saja mempengaruhi pasase usus (gerak usus). Akibatnya, mungkin saja si kecil menjadi tidak teratur buang air besarnya.

dr. IG Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A MARS
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home