Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Minum Vitamin, Kok Diare?

Anak saya, 10 bulan, 10 kg (berat lahir: 3,4 kg), sebelumnya, berat badannya sempat sampai 10,8 kg. Sampai saat ini kondisi umumnya cukup baik, namun akhir-akhir ini nafsu makannya menurun, sementara jika diberi vitamin malah mencret. Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengembalikan nafsu makannya? Normalkah berat badannya itu?

Ny. Sp. Untari, Semarang

Ada beberapa penyebab menurunnya nafsu makan anak. Misalnya karena penyakit menahun Untuk mencari penyebab ini, Anda harus pergi ke dokter spesialis anak.

Vitamin yang menyebabkan mencret, biasanya adalah vitamin C dosis tinggi. Jika dosis vitamin diberikan sesuai kebutuhan, biasanya tidak akan menimbulkan gejala mencret. Apabila setelah dilakukan pemeriksaan seksama, ternyata tidak ada sesuatu yang menyebabkan penurunan nafsu makan, maka untuk mengembalikan nafsu makannya kembali Anda dapat memberikan vitamin dengan dosis sesuai aturan pakai.

Berat badan normal anak pada usia 10 bulan, pada umumnya lebih dari 3 kali berat sewaktu lahir. Apabila berat badan waktu lahir anak Anda sekitar 3 kg, maka berat badan anak Anda sekarang sesuai dengan potensinya.

dr. Hindra Irawan Satari, Sp. A (K), M.Trop. Paed.
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home