Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Belum Tengkurap Tapi Ingin Duduk

Anak pertama saya, usia 5 bulan, Sampai sekarang belum menunjukkan tanda-tanda ingin tengkurap. Tampaknya ia lebih suka jika didudukkan. Jika dipegang kedua tangannya, dengan sendirinya dia akan mengangkat kepala dan badannya untuk posisi duduk.

Ia tampak merasa nyaman dalam posisi duduk, walaupun cara duduknya belum bisa tegak. Wajarkah hal itu?

Banyak orang bilang bahwa pada usia tersebut bayi belum boleh didudukkan, karena tulangnya belum kuat. Saya menjadi khawatir, karena ia suka sekali posisi duduk walaupun untuk waktu tidak terlalu lama. Apa yang harus saya lakukan untuk anak saya ?

Siti R, Jakarta

Rentang usia perkembangan tengkurap seorang bayi, antara 2 – 5,5 bulan. Selama ini bagaimana dengan kesempatan dan stimulasi/rangsangan yang diberikan pada bayi Anda?

Untuk duduk pada usia 5 bulan, memang diperbolehkan, tetapi duduk dengan disangga, tidak duduk sendiri. Seorang bayi dapat duduk dibantu dengan kepala tegak pada usia 1,5 – 4 bulan, sedangkan duduk tanpa pegangan pada usia 5,5 - 7 bulan. Sebagian besar anak akan melalui perkembangan tengkurap dahulu sebelum duduk.

Jadi, Anda sebaiknya memberikan rangsangan seperti menaruh anak di matras dan latih untuk berguling serta tengkurap, jangan terlalu sering digendong atau dipangku. Lakukanlah stimulasi seperti itu setiap hari, sehingga bayi dapat tengkurap segera.

dr. Rini Sekartini, Sp. A
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home