Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Beta Karoten di Susu

Di dalam label susu yang saya berikan untuk a nak saya, sekarang berumur 15 bulan, terdapat tulisan: mengandung beta karoten . Apakah beta karoten itu? Apa fungsinya bagi bayi? Apa akibatnya jika saya berikan pada bayi secara terus-menerus?

Ny. Kurwita, Jakarta

Beta karoten adalah cikal bakal vitamin A (provitamin A). Zat gizi ini secara alami banyak ditemukan dalam buah-buahan serta sayuran berwarna hijau dan merah.

Bayi yang sering diberi bahan makanan yang mengandung beta karoten akan kelihatan agak kuning. Lalu bagaimana untuk membedakan kuning karena kelebihan beta karoten atau kuning karena penyakit hati?

Bayi yang kuning karena kelebihan beta karoten, selaput putih matanya biasanya tidak ikut menjadi kuning, sementara bayi yang terkena penyakit hati hampir seluruh tubuhnya akan kuning.

Bila bayi Anda kuning karena pemberian beta karoten, maka jika pemberian makanan yang mengandung beta karoten tersebut dihentikan, dalam waktu dua minggu gejala kuning tersebut akan hilang.

Mengenai vitamin tambahan, jika pemberian makanan bagi bayi Anda sudah memenuhi syarat gizi yang seimbang (cukup hidrat arang, protein, lemak, vitamin dan mineral), maka tidak perlu memberikan bahan makanan yang mengandung beta karoten lagi (misalnya wortel) secara berlebihan.

dr. Aryono Hendarto, Sp.A (K)
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home