Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Bingung Kuku Jari Bayi

Anak pertama saya, perempuan, sekarang berumur tiga bulan. Kondisi umumnya sehat. Hanya satu hal yang saya khawatirkan, yaitu kuku-kuku jarinya tampak lunak. Sekalipun sudah digunting, ketika tumbuh kembali kukunya masih lunak juga.

Selain itu, kuku jari kakinya tampak lebih kecil-kecil dibanding dengan kuku jari tangannya. Mohon penjelasan dokter mengenai kuku jari bayi dan cara memotongnya.

Ny. Irene, Surabaya

Anda tak perlu khawatir, karena kuku bayi baru lahir pada umumnya memang halus, berwarna merah muda, tampak transparan dan lunak.

Kuku bayi biasanya juga mudah digunting dan tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, biasanya kuku bayi perlu dipotong sekitar seminggu sekali. Seiring dengan pertambahan usianya, biasanya kuku bayi akan semakin kuat dan semakin besar.

Biasanya bayi sulit untuk diam dalam waktu agak lama, sehingga menyulitkan ibu yang menggunting kukunya. Untuk memudahkan pengguntingan kuku bayi, beberapa tips berikut dapat Anda coba:

* Potonglah kuku bayi ketika baru saja dimandikan, karena saat itu kuku bayi lebih lunak dan lebih mudah dipotong.
* Jika bayi banyak bergerak, potonglah kukunya ketika ia sedang tidur.
* Minta tolong suami atau siapa saja untuk memegang bayi Anda ketika Anda memotong kukunya, untuk mempermudah Anda.
* Alihkan perhatian bayi pada mainan ketika Anda sedang memotong kukunya, sehingga ia tidak menarik-narik jarinya ketika kukunya sedang dipotong.

Dr. dr. Siti Aisah Boediardja Sp. KK
Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI),
RSUPN Cipto Mangunkusumo

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home