Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Ingin Tinggi Gizi, Malah Alergi

Sejak kecil saya terbiasa makan ikan, berhubung kami tinggal di tempat yang mudah mendapatkan ikan. Saya juga ingin anak saya ( umur satu tahun) bisa mengonsumsi ikan yang katanya bergizi tinggi dengan kandungan vitamin dan omega 3-nya. Tapi sayang, ketika saya mencoba memberikan ikan sebagai lauk makanannya, ternyata timbul bintik-bintik merah di pipinya. Hal itu sudah saya perhatikan beberapa kali. Begitu habis makan ikan, maka bintik-bintik itu akan muncul. Jika pemberian ikan dihentikan selama beberapa hari, maka bintik-bintik itu tidak akan timbul. Perlu diketahui, alergi tersebut kemungkinan diturunkan dari suami saya yang juga mudah sekali terkena alergi.

Makanan seperti apa yang harus saya berikan kepada anak saya agar gizinya cukup baik? Bolehkah saya coba memberikan ikan kembali selama beberapa hari ini?

Ny. Monika, Bangka

Jika melihat pengamatan Anda pada pemberian ikan untuk anak Anda, kemungkinan besar anak Anda memang alergi terhadap ikan. Apalagi, menurut Anda, suami Anda pun memang alergi.

Dengan memberikan ikan beberapa kali sambil mengamati reaksi anak Anda sampai beberapa kali, tampaknya Anda sudah melakukan uji provokasi . Uji yang biasanya dilakukan untuk menentukan diagnosa alergi terhadap makanan.

Jika Anda ingin memberikan makanan bergizi, Anda dapat memberikan daging sapi, daging ayam, telur dan lain-lain, yang kemungkinan tidak menimbulkan alergi pada anak Anda. Makanan itu dapat dicobakan satu persatu sambil diawasi reaksinya.

Untuk sementara, hindarkan dulu pemberikan ikan bagi anak Anda, karena ikan mengandung alergen ( zat yang menimbulkan alergi) yang sangat kuat. Biasanya, alergi ikan ini dapat berlangsung lama. Untuk memastikan beberapa hal mengenai alergi anak Anda, bawalah anak Anda untuk diperiksa di klinik alergi. Mungkin di RS Umum di Palembang, atau di RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

dr. Zakiudin Munasir, Sp. A (K)
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home