Info Ayah Bunda

Thursday, April 10, 2008

Mengapa Harus Antibiotik?

Rasanya hampir setiap bulan bayi saya (umur 9 bulan, berat badan 9 kg)) mengalami diare, batuk pilek, serta panas. Setiap kali saya bawa ke dokter, ia selalu diberi obat antibiotik.

Saya mengkhawatirkan efek antibiotik yang diberikan terus-menerus itu. Sebenarnya, seberapa bahayanya antibiotik yang diberikan pada bayi? Apa yang sebaiknya saya lakukan jika bertemu dengan dokter anak saya? Mengapa bayi saya sering sekali sakit?

Ny. Juwita, Malang

Antibiotik adalah jenis obat untuk membunuh bakteri. Sepanjang digunakan sesuai dengan fungsinya, dan menurut petunjuk dokter atas indikasi tertentu, maka apa yang didapat adalah manfaat dari obat tersebut.

Jika antibiotik digunakan pada keadaan infeksi bukan oleh bakteri, misalnya oleh virus, maka ia tidak bermanfaat. Bahkan, bila dipergunakan terus-menerus dalam keadaan tersebut, maka akan menimbulkan kekebalan terhadap kuman tertentu. Saya percaya dokter yang merawat anak Anda memberikan antibiotik dengan pertimbangan yang benar, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, akan lebih bijaksana jika Anda menanyakan kepada dokter mengenai indikasi pemberian obat antibiotik kepada anak Anda, serta aturan penggunaannya.

Seperti diketahui anak di bawah usia 5 tahun, biasanya sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan termasuk perkembangan sistem kekebalan tubuh. Apalagi anak Anda berusia di bawah 1 tahun, perkembangan kekebalannya belum sempurna, sehingga ia rentan terhadap infeksi saluran napas bagian atas dengan gejala batuk, pilek dan panas.

dr. Hindra Irawan Satari, Sp. A (K), M.Trop. Paed.
IDAI Jaya

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home